Senin, 22 April 2013



Proses evolusi sosial


*   Proses  Microscopic dan Macroscopic dalam Evolusi Sosial



               Microscopic  adalah proses evolusi dari suatu masyarakat dan kebudayaan dapat di analisis oleh seorang peneliti seolah-olah dari dekat secara detail . Sedangkan Macroscopic yaitu dapat juga di pandang seolah-olah dari jauh dengan hanya memperhatikan perubahan-perubahan yang tampak  besar saja . Recurrent processes  atau proses-proses berulang  adalah Proses evolusi  sosial-budaya yang dianalisis secara detail akan membuka mata peneliti untuk berbagai macam proses perubahan yang terjadi dalam dinamika kehidupan sehari-hari tiap masyarakat di dunia .  directional processes yaitu proses-proses  evolusi sosial budaya yang di pandang  seolah-olah  dari jauh hanya akan menampakkan kepada peneliti perubahan-perubahan besar yang terjadi dalam jangka waktu yang panjang .
*   Proses-Proses Berulang dalam Evolusi Sosial Budaya 
                Faktor ketegangan antara adat-istiadat dari suatu masyarakat dengan keperluan para individu di dalamnya itu menyebabkan perlu adanya dua konsep  yang harus di bedakan dengan tajam oleh para peneliti masyarakat , terutama para ahli antropologi dan sosiologi . Konsep  antara dua wujud dari tiap kebudayaan , yaitu  : (i)
Kebudayaan sebagai suatu kompleks dari konsep norma-norma , pandangan-pandangan  dan sebagainya , yang abstrak ( yaitu sistem budaya ) dan (ii) kebudayaan sebagai suatu rangkaian dari tindakan yang kongkrit di mana individu saling berinteraksi ( yaitu sistem sosial ).
*   Proses Mengarah dalam Evolusi Kebudayaan
            Kalau evolusi masyarakat dan kebudayaan kita pandang seolah-olah dari suatu jarak yang jauh dengan mengambil interval waktu yang panjang ( misalnya beberapa ribu tahun ) , maka akan tampak perubahan-perubahan besar yang seolah-olah bersifat menentukan arah ( directional ) dari  sejarah perkembangan masyarakat dan kebudayaan yang bersangkutan .      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar